Sewa 4 Museum Untuk Simpan Koleksi Lego

Milos Krecek bersama ribuan koleksi Legonya.
Milos Krecek bersama ribuan koleksi Legonya.

RM.id  Rakyat Merdeka – Milos Krecek telah menjadi penggemar Lego sejak usia lima tahun. Saat ini, dia memi­liki koleksi terbesar di dunia, dengan 6.005 set, saat terakhir kali diverifikasi pada 21 Juni 2023. Sampai-sampai ia harus menyewa 4 museum untuk menyimpan koleksinya itu.

Krecek mengatakan, selama puluhan tahun dia mengumpulkan ribuan Lego, termasuk Lego dengan seri langka dan berharga mahal. Hal ini mem­buat etalasenya penuh dan rumahnya tidak cukup untuk menyimpan semua koleksinya. Akhirnya, dia menyimpan semua koleksinya di Museum Batu Bata di Praha, Ceko.

“Jumlah set yang terkumpul dan kurangnya ruang di rumah, membuat saya mendapat ide untuk pembukaan museum Lego pertama di Praha,” kata Krecek, dilansir Guinness World Records.

Seiring berjalannya waktu dan pertambahan koleksinya, museum Legonya pun bertam­bah. Sekarang dia memiliki tiga cabang museum Lego lagi, yakni di Kota Kutna Hora, Podebrady dan Spindleruv Mlyn.

Krecek mengatakan, rata-ratasatu set Lego akan memakanwaktu sekitar dua jam un­tuk disusun. Dia punya koleksi Lego lebih dari 10.000 model. Sehingga dia memperkirakan, butuh waktu 20.000 jam un­tuk menyelesaikan rangkaian koleksinya.

Sang kolektor mengatakan, dia bersama istri saling memberikan potongan Lego langka sebagai hadiah pernikahan. Namun dari koleksi itu, 90 persen dia yang beli. https://nanasapel.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*